Ini Jenis-Jenis Pernafasan dalam Vokal

Menjadi seorang penyayi mengetahui berbagai jenis-jenis pernafasan dalam vokal adalah hal penting yang harus diketahui, karna jika hanya menyayi saja tanpa mengetahui jenis pernafasan dalam tarik suara anda akan merasa kesulitan untuk bernyayi bisa jadi suara anda menjadi serak ataupun hilang saat sedang bernyayi. Dengan melatih pernafasan anda juga akan melatih vokal anda karena pernafasa yang kuat akan menimbulkan dan menciptakan getaran yang nantinya akan menciptakan suara atau vokal. Oleh karena itu jika anda ingin mempelajari tentang dunia tarik suara anda harus terlebih dahulu memahami jenis pernafasan.

Jenis-jenis pernafasan dalam vokal dibagi menjadi tiga macam, ketiga jenis pernafasan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga jika anda akan menyanyi anda perlu mengetahui tingkat kesulitan sebuah lagu sehingga anda dapat memilih teknik pernafasan yang tepat.

1.    Pernafasan bahu
Pernafasan ini dilakukan dengan menarik nafas dengan mengangkat bahu untuk mengisi paru-paru. Namun jenis pernafasan ini tidak dianjurkan untuk dilakukan saat bernyayi karena nafas yang dihasilkan dangkal dan dapat mengakibatkan kalimat menjadi terputus.
2.    Pernafasan dada
Pernafasan dada dilakukan dengan membusungkan dada dan menarik nafas untuk mengisi paru-paru dengan oksigen. Cara ini juga tidak terlalu di sarankan karena akan membuat anda lebih cepat lelah dan suara bisa menjadi tidak setabil dan terputus-putus.
3.    Pernafasan diagfragma
Sebutan lain dari pernafasan diafragma adalah pernafasan rongga perut. Cara pernafasan ini dilakukan dengan mengambil nafas dengan cara mengembangkan rongga perut atau diafragma dan mengembangkan tulang rusuk. Cara pernafasan diafragma banyak digunakan untuk bernyayi karena menghasilkan nafas yang panjang dan menimbulkan suara yang merdu.

Agar dapat melakukan pernafasan diafragma dibutuhkan latihan agar anda dapat terbiasa sehingga saat menyayipun tidak akan kesulitan. Agar dapat mempelajari berbagai jenis-jenis pernafasan dalam vokal anda dapat mengikuti kelas vokal seperti di Yamaha Musik Indonesia, sehingga teknik bernyayi dan kemampuan anda mengambil nafas saat bernyayi semakin baik dan anda juga dapat menjadi penyayi profesional.

http://id.yamaha.com/id/music_education/courses/teens_and_adults/

0 Response to "Ini Jenis-Jenis Pernafasan dalam Vokal"

Posting Komentar

Daftar Blog Saya