Mendeteksi Kerusakan Papan Piano

Jika kerusakan eksterior piano bisa kita cek dengan mudah, yakni dengan memperhatikan celah-celah rusak dibagian luar. Maka untuk mengecek kerusakan interior atau bagian dalam piano, kita membutuhkan usaha sedikit lebih keras. Masalah interior piano biasanya mulai muncul dengan ditandai dangan keausan.

Nah itu adalah masalah normal, namun bisa berkembang ke hal-hal yang lebih parah. Penting bagi anda bisa mendeteksi tanda-tanda kerusakan piano sejak dini. Anda tak mau kan kembali membeli piano, padahal baru dua tahun lalu membeli piano berharga mahal? Yang pertama kali perlu anda perhatikan adalah papan suara.

Papan suara adalah kayu besar yang terletak dibawah sebuah grand piano, dan dibagian belakang uproght. Celah dari papan suara mengubah timbre piano dan dapat menyebabkan dengung aneh serta suara berderik. Periksalah bagian ini, dengan melihat lebih detail tulang kayu (ribs), apakah terlepas dari papan suara.

Jika terlepas, hal ini akan menimbulkan getaran dua nada. Jadi perhatikan betul jika ada dengungaan kecil sewaktu anda menekan tombol. Siapa tahu papan suara anda mengalami kerusakan. Selain papan kayu periksa juga potongan kayu (bridge) yang mengangkat senar. Apakah bridge retak, tidak merata, atau terlepas dari papan suaran.

Jika hal itu terjadi maka akan menimbulkan suara dengungan dan kerusakan yang lebih parah akan terjadi. Karena itu lakukan pengecekan minimal satu kali seminggu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Meski harus meluangkan waktu lebih banyak dan bekerja lebih keras namun anda akan mendapatkan hasil yang sepadan.

0 Response to "Mendeteksi Kerusakan Papan Piano"

Posting Komentar

Daftar Blog Saya